Kamis, 16 Oktober 2014

Menganalisis kebijakan pertanian di indonesia

Menganalisis kebijakan pertanian di indonesia

Kebijakan pertanian menjelaskan serangkaian hukum terkait pertanian domestik dan impor hasil pertanian. Pemerintah pada umumnya mengimplementasikan kebijakan pertanian dengan tujuan untuk mencapai tujuan tertentu di dalam pasar produk pertanian domestik. Tujuan tersebut bisa melibatkan jaminan tingkat suplai, kestabilan harga, kualitas produk, seleksi produk, penggunaan lahan, hingga tenaga kerja.

Pengaruh kemajuan IPTEK pada perkembangan sistem pertanian dindonesia .

   
 Iptek adalah sinkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dari pandangan definisi pengetahuan adalah segala sesuatu yang manusia ketahui dari berbagai kesempatan, baik yang disengaja atau pun yang tidak disengaja dan secara spontan. Ilmu merupakan hasil pemikiran manusia yang diperoleh dari pengalaman.Jadi, ilmu pengetahuan adalah hasil pemikiran manusia yang diperoleh dari pengetahuannya. Ilmu pengetahuan diperoleh dari cara kerja yang rinci, sistemetis, dan logis. Dengan begitu ilmu pengetahuan dapat dikatakan pengetahuan ilmiyah yang memiliki syarat dan ciri-ciri antara lain, objek, tujuan dan metode, memiliki empiris, rasional, dan objektif.
Sedangkan definisi teknologi ialah ilmu terapan yang di dalamnya terdapat metode-metode untuk membuat sesuatu. Harvey Brooks mengartikan teknologi sebagai pemakai pengetahuan ilmiyah untuk menciptakan barang-barang dengan jalan produksi.
Sedangkan Schon mengartikan teknologi adalah salah satu cara atau proses untuk membuat sesuatu yang dapat mengembangkan keterampilan manusia. Jadi, teknologi adalah faktor pendorong diciptakan dan dikembangkannya ilmu pengetahuan yang lebih maju. Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi) itu saling berkaitan untuk menciptakan metode-metode terkini dalam ilmu pengetahuan.
Perkembangan iptek sejalan dengan laju peradaban manusia di muka bumi. Sejalan dengan berkembangnya zaman, iptek yang pada awalnya adalah salah satu kebudayaan manusia, sekarang menjadi pencipta suatu alat untuk membantu aktivitas manusia.
Peran iptek dalam kehidupan sehari-hari disamping dampak positif yang didapat, pasti dampak negatifnya juga terasa oleh kita. Perkembangan iptek yang sangat cepat di tahun-tahun terakhir ini yang mengakibatkan masyarakat menjadi ketergantungan kepada modernisasi.
Yang dikhawatirkan masyarakat lupa akan kebudayaan dari nenek moyang aslinya. Karena sudah terkontaminasi oleh budaya luar.
Peran iptek dalam pertanian sangatlah penting adanya. Pada krisis ekonomi yang dialami indonesia sejak tahun 1997, membuat para pakar pertanian sibuk menstrategikan pengaplikasian iptek dalam ilmu pertanian. Agaar dalam bertani dapat dicampurkan dengan teknologi , teknologi yang baru dan yang bertujuan agar hasilnya pun lebih banyak lagi .
Misalnya dalam kegiatan pertanian, yang dulunya membajak sawah dengan menggunakan alat tradisional, kini sudah menggunakan peralatan mesin.sehingga aktifitas penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa memakan waktu yang lama dan tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak.
Ini adalah contoh kecil efek positif perkembangan IPTEK di dalam membantu aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Namun walaupun begitu perkembangan iptek ini juga memilliki beberapa efek negative dibidang pertanian , salah satunya adalah haasil dari pertanian sendiripun tidak sebagus saat di olah oleh tangan manusia langsung bukan dengan mesin , walaupun dengan mesin itu hasilnya lebih banyak tetapi kebanyakan kualitasnya kurang memuaskan .

1 komentar: